Policy Dialogue Skrining Tiroid untuk Populasi Berisiko di Indonesia

Gangguan tiroid adalah masalah kesehatan yang umum terjadi dan mempengaruhi individu di semua tahap kehidupan. Hal ini terkait dengan berbagai dampak negatif pada kesehatan, termasuk gangguan metabolisme, pertumbuhan dan fungsi reproduksi, gangguan kehamilan dan janin, bahkan komorbiditas dengan penyakit lain, serta meningkatnya biaya pelayanan kesehatan. Melaksanakan strategi pencegahan yang efektif sangat penting untuk mengurangi beban penyakit tiroid dan meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.
Policy brief ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pertimbangan utama dan rekomendasi untuk pencegahan penyakit tiroid berdasarkan bukti ilmiah. Terdapat rekomendasi teknis yang dibagi menjadi rekomendasi jangka pendek yaitu dengan membentuk gugus kerja/taskforce dan tetap mengoptimalkan public-private partnership; rekomendasi jangka menengah yaitu berupa pengumpulan data epidemiologi, pemetaan supply, need, and demand, dan penyusunan regulasi; rekomendasi jangka panjang yaitu implementasi skrining gangguan tiroid pada populasi risiko tinggi dewasa dan juga melakukan penilaian lanjutan.

Tautan berikut merupakan dokumen policy brief yang dapat menjadi bahan advokasi kebijakan terkait dengan skrining gangguan tiroid di Indonesia

 

Policy Brief Skrining Gangguan Tiroid di Indonesia

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.