Guest Lecture – Challenges and Solutions for Managing Health Insurance Progresses

Program studi magister ilmu kesehatan masyarakat bekerjasama dengan pusat KPMAK FKKMK UGM mengadakan Guest Lecture dengan tema Challenges and Solutions for Managing Health Insurance Processes pada hari Rabu, 31 Maret 2021, pukul 14.00 – 15.30 WIB.
A. Latar Belakang

Teknologi informasi seringkali dikaitkan dengan kebutuhan biaya tinggi untuk investasi awal serta kebutuhan biaya lain untuk keberlangsungan system. Di sisi lain berbagai perubahan terkait adopsi teknologi seperti kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia tentunya membutuhkan biaya untuk penyesuaian.

Pengalaman negara lain seperti Jerman bisa menjadi pembelajaran bagi kita, bagaimana proses adopsi teknologi informasi bisa memaknai keberlangsungan skema Jaminan Kesehatan Nasional. Peningkatan efisiensi dan ketepatan layanan adalah beberapa diantara banyaknya manfaat penggunaan teknologi informasi dalam proses bisnis perasuansian.

Berbagi pengalaman ini menjadi penting bagi sebuah skema Jaminan Kesehatan Nasional seperti di Indonesia sebagai masukan untuk melakukan akselerasi pencapaian Universal Health Coverage, serta perbaikan kinerja di semua lini. Seminar bertemakan meningkatnya kebutuhan teknoligi informasi di sektor Asuransi Kesehatan akan diselenggarakan oleh Pusat KPMAK bekerjasama dengan Departemen Kebijakan dan Manajemen Asuransi Kesehatan dengan narasumber akademisi dan sekaligus praktisi dari Jerman.

Tujuan

Mengetahui pengembangan pemanfaatan teknologi informasi di BPJS Kesehatan

Mengetahui penerapan teknologi informasi di sektor asuransi Kesehatan Sosial di Jerman

Memahami infrastruktur yang dibutuhkan untuk implemantasi IT di sektor Jaminan Kesehatan

peserta acara ini merupakan anggota BPJS Kesehatan, Manajemen rumah sakit, Praktisi/ pemberi pelayanan, anggota kesehatan (rumah sakit/klinik), Peneliti di bidang kesehatan dan Mahasiswa

narasumber menjelaskan Growing demand of IT in managing sustainability of JKN : Lesson learnt from German Social Health Insurance Scheme dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam skema JKN.

untuk materi agenda ini bisa dilihat https://drive.google.com/drive/folders/1RlWTl7maZYUTZXgwpkYxw5sotY3rCfxC?usp=sharing

dan untuk video bisa diakses pada https://www.youtube.com/watch?v=KtwF0MGhwGM

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.