Parallel training HTA Rumah Sakit dalam acara Annual Scientific Meeting 2021

Parallel training sesi HTA Rumah Sakit : Alat Kesehatan dibuka oleh sambutan dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes (Ketua Umum Pusat PERSI) yang menekankan bahwa setiap HTA yang dilakukan secara nasional diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah. Dengan adanya event ini, akan merepetisi bahwa HTA merupakan hal yang penting khususnya di era sekarang ini, menuntut kita harus berpikir logis dan HTA-minded untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, ekonomi dan sebagainya. HTA membutuhkan multidisiplin. Tidak mudah memulai HTA karena komitmen terhadap nilai-nilai dasar tentang penilaian teknologi kesehatan ini belum menjadi komitmen orang banyak di tingkat nasional.

Narasumber pertama yaitu dr. Santoso Soeroso, SpA(K) yang merupakan Ketua Kompartemen HTA PERSI menyampaikan pertimbangan-pertimbangan dari kompartemen HTA PERSI yang telah diberikan kepada komisi IX DPR RI. Banyak sekali yang diusung oleh PERSI yang mewakili berbagai kebutuhan yang dirasakan dari mulai dari bagaimana pagu harga, perlunya lembaga, kemudian bagaimana sumber daya manusia yang terstandar, bagaimana distribusinya, dan di area mana rumah sakit berperan termasuk melakukan HTA di rumah sakit. Narasumber kedua merupakan staf yaitu Kompartemen HTA PERSI Dr. Ir. Ahyaudin Sodri, MSc, VDI menyampaikan mengenai Hospital based-HTA for medical devices. HTA rumah sakit menjadi bridging antara nasional dan regional. Ketika nasional lebih fokus pada hal-hal yang lebih mendesak dan sifatnya mempengaruhi kepentingan nasional, sedangkan rumah sakit dapat melakukan HTA sesuai/fokus pada kepentingan rumah sakit. Ada beberapa level yang dapat dilakukan dalam penerapan HTA di rumah sakit yaitu Independent group, Integrated-essential HB-HTA unit, Stand alone HB-HTA unit, hingga Integrated-specialised HB-HTA unit.

HTA merupakan skill yang tidak hanya diperoleh dari membaca tetapi dari jam terbang pengalaman. KPTI dari Kemenkes membutuhkan waktu untuk berlatih sebelum sekarang telah formal. Penutup dari dr. Santoso HTA suatu yang sudah lama yang dilakukan di Kemenkes, untuk itu rumah sakit harus memulai. Hal penting adalah leadership untuk menumbuhkan kemauan melakukan assessment. Di akreditasi KARS dan undang-undang rumah sakit terdapat HTA yang dapat digunakan sebagai dasar pengungkit untuk memulai HTA di rumah sakit. Dr. Ahya menutup sesi bahwa adanya HTA memberikan kesempatan kepada kita untuk meningkatkan pelayan kesehatan dan menjamin keamanan pasien. Berharap kompartemen HTA PERSI dapat mendampingi rumah sakit, berlatih bersama dan berkolaborasi.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.