,

AUDIENSI TERKAIT SISTEM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI TANAH PAPUA

Selasa, 7 April 2019

Jayapura, Papua

Bertempat di Ruangan kerja Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Pusat KPMAK berkesempatan untuk melakukan audiensi dengan bapak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes. Audiensi ini dilakukan dalam rangka mengumpulkan informasi dan data terkait salah satu studi yang sedang dikaji oleh Pusat KPMAK. Studi tersebut adalah Research Priority Setting (RPS) yang mengkaji Jaminan Kesehatan Nasional dan Pembiayaan Kesehatan di Indonesia . Pada kesempatan ini tim Pusat KPMAK diwakili oleh peneliti-peneliti, yakni M. Syamsu Hidayat S.E., M.Sc., PhD dan dr. Roland Arung Pirade.

Pada saat audiensi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua yang menjabat sejak tahun 2014 ini memaparkan banyak hal tentang situasi jaminan kesehatan di Papua, baik tantangan-tantangan yang sedang dihadapai maupun rencana program Pemerintah Daerah Provinsi Papua terkait kesehatan. Salah satu poin yang dibahas adalah Jaminan Kesehatan Papua (Jamkespa), Kartu Papua Sehat (KPS), dan juga integrasi Jamkesda Papua ke JKN. Sebagai salah satu inisiator dan konseptor utama Jamkespa dan KPS, beliau sangat mendukung integrasi ke JKN namun Pemda Papua tetap berkomitmen melindungi warga Papua yang belum menjadi peserta BPJS serta menanggung biaya-biaya lain yang tidak tertanggung di dalam pembiayaan JKN.

Diakhir kesempatan, pria yang akrab disapa Dokter Alo ini memberikan dua buah buku yang ditulis kepada peneliti Pusat KPMAK berjudul “Melawan Badai Kepunahan: Gebrakan Papua Sehat Menuju Papua Bangkit, Mandiri, dan Sejahtera” yang menguraikan kondisi kesehatan di Papua dan manajemen yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Buku kedua yang diberikan terbit di tahun 2017 berjudul “Jejak Kaki Penuh Kasih: Menjangkau Ujung Bumi Papua” menceritakan tentang sepak terjang Program Satgas Kijang dan Terapung serta kepedulian Gubernur Lukas Enembe dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat Papua.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.