Menghindari Kartu BPJS Kesehatan Palsu, Begini Cara Mendaftar Sebagai Peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang Benar

Semakin banyaknya pemberitaan di media mengenai kartu BPJS Kesehatan Palsu, disini admin ingin berbagi mengenai tata cara pendaftaran peserta BPJS Kesehatan (peserta Jaminan Kesehatan Nasional) yang benar. Pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan 2 cara: (1) mengurus langsung ke kantor BPJS Kesehatan atau (2) mendaftar secara online.

Bagi calon peserta mandiri  yang ingin mendaftar, diharapkan tidak menggunakan jasa calo untuk pendaftaran, dan dapat langsung melakukan pembayaran iuran setiap bulannya pada Bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan seperti BNI, BRI, BTN, BCA dan Mandiri, pembayaran dapat dilakukan melalui Teller atau ATM. Dapat pula melakukan pembayaran di Indomaret.

  1. Pendaftaran dengan langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan di Kota Anda, dengan membawa Kartu Keluarga terbaru, KTP semua anggota keluarga yang akan didaftarkan, membawa pas foto setiap anggota keluarga yang akan didaftarkan, mengisi formulir pendaftaran, membawa rekening Bank dan Bukti Pembayaran Listrik jika ada. Calon peserta dapat datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan membawa semua persyaratan dan kemudian akan mendapatkan nomor vitual account. untuk segera dapat mengaktifkan perlindungan jaminan kesehatan nasional anda wajib langsung membayarkan iuran dengan menggunakan nomor virtual account tersebut. Nomor Virtual Account adalah unik untuk setiap orang sehingga setiap anggota keluarga yang terdaftar akan memiliki satu nomor virtual account. Pembayaran dapat dilakukan langsung pada Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan BTN
  2. Pendaftaran secara online. Sebelum melakukan pendaftaran online siap kan terlebih dahulu dokumen yang dibutuhkan. Persiapkan kartu keluarga terbaru, ktp setiap anggota keluarga yang akan didaftarkan dan softfile foto setiap anggota keluarga yang akan didaftarkan. Pendaftaran dapat dilakukan pada webiste resmi BPJS Kesehatan yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id pada menu pendaftaran peserta. Kemudian membayarkan iuran pada Bank yang bekerjasama (Mandiri, BRI, BNI, BTN dan BCA) dengan menunjukkan nomor virtual account yang didapatkan dari pendaftaran online.

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat dan tidak ada lagi kejadian kartu BPJS Kesehatan Palsu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.