RILIS BERITA

Kuliah Tamu mengenai Provider Payment system bersama Prof. Supasit Pannarunothai dan dr. Orathai Khiaocharoen, Ph.D. telah diselenggarakan pada 8-9 Mei 2017 lalu di Fakultas Kedokteran UGM.

Kuliah tamu ini diikuti oleh berbagai kalangan diantaranya mahasiswa KP-MAK IKM FK UGM, Peneliti-peneliti Pusat KP-MAK FK UGM, para akademisi, dan Praktisi dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa hal menarik yang didapat dari kuliah tamu ini, antara lain: Bagaimana menghitung kapitasi?

Prof. Supasit menyampaikan kapitasi berarti per kepala, kapitasi berbeda dengan kapital atau biaya modal seperti gedung, alat kesehatan dan lainnya. Kapitasi adalah sebuah metode pembayaran kepada provider untuk manfaat pelayanan kesehatan tertentu satu orang selama periode waktu tertentu (per bulan atau per tahun), yang dibayarkan oleh badan penyelenggara/penjamin.

Berikut Materi Kuliah Tamu: Materi IMateri IIMateri IIIMateri IV

Apa itu Vedika?

Vedika merupakan singkatan dari Verifikasi di Kantor merupakan sebuah sistem yang sedang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk proses verifikasi dan klaim dari Fasilitas Kesehatan, salah satu tujuan vedika adalah untuk mengurangi kegiatan yang dioperasikan secara manual.

Tahapan verifikasi secara umum sesuai juknis verifikasi klaim BPJS Kesehatan antara lain:

1. Verifikasi administrasi (Kepesertaan:SEP, Pelayanan:Kesesuaian berkas klaim yang dipersyaratkan);

2. Verifikasi pelayanan (sesuai kaidah rule Ina CBGs); dan

3. Verifikasi menggunakan Software Ina CBG’s (purifikasi data, dan 6 langkah verifikasi)

Bagaimana Perbedaan Vedika dengan Verifikasi konvensional?

Verfikasi Konvensional/Manual:

  1. Dilakukan di BPJS Center di Rumah Sakit
  2. Dilakukan oleh verifikator BPJS Kesehatan
  3. Melakukan verifikasi Administrasi seluruh klaim
  4. Melakukan verifikasi pelayanan seluruh klaim
  5. Klaim masuk secara bertahap harian
  6. RS tidak melakukan verifikasi internal
  7. Audit Klaim (post review claim) dilakukan oleh Rumah Sakit sedikit/tidak banyak
  8. Rumah Sakit tidak membuat Surat tanggung jawab mutlak dalam pengajuan klaim oleh FKRTL
  9. Lama waktu verifikasi sampai pembayaran bervariasi di setiap daerah
  10. Manual
  11. Konfirmasi klaim hanya ke RS

Vedika (Verifikasi di kantor):

  1. Dilakukan di kantor cabang BPJS Kesehatan
  2. Dilakukan oleh verifikator BPJS Kesehatan dan Verifikator Internal Rumah Sakit
  3. Verifikasi Administrasi dilakukan pada seluruh klaim
  4. Verifikasi pelayanan hanya sampling klaim
  5. Klaim yang masuk, langsung secara menyeluruh setiap bulanan hal ini akan meminimalisir adanya klaim susulan
  6. Rumah Sakit juga berperan aktif dalam melakukan verifikasi dengan verifikator internal rumah sakit
  7. Rumah Sakit juga melakukan audit klaim (post review claim)
  8. Rumah Sakit membuat Surat tanggung jawab mutlak dalam pengajuan klaim oleh FKRTL
  9. Lama waktu verifikasi sampai pembayaran sama (15 hari) di setiap daerah
  10. Manual plus digital
  11. Konfirmasi klaim dilakukan baik ke Rumah Sakit dan ke Peserta

Salah satu target dari penerapan Vedika adalah untuk mencapai Efisiensi, Efektivitas dan Otomasi Proses Bisnis 100% pada BPJS Kesehatan. Otomasi proses bisnis (BPA) merupakan strategi mengeliminasi kegiatan yang dioperasikan secara manual, memakan waktu dan berbiaya tinggi dalam sebuah organisasi. Hal ini dilakukan dengan merestrukturisasi sumber daya manusia dan mengintegrasikan aplikasi dengan menggunakan sistem komputer dan piranti lunak. BPA memberikan manfaat terutama untuk menyediakan layanan yang efisien, menekan tingkat kesalahan dan memperbaiki masalah pembayaran. Strategi ini telah diterapkan untuk mendukung kelangsungan skema jaminan sosial di berbagai negara, salah satunya untuk proses claim review.

(VA)

Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Kedokteran UGM ke-71, HUT RS UGM ke-5 dan HUT RSUP Dr. Sardjito ke-35, kelompok kerja Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan (Pusat KPMAK) Fakultas Kedokteran UGM akan menyelenggarakan Seminar Annual Scientific Meeting 2017 dengan tema “Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung Percepatan Pencapaian Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)”.

Seminar Annual Scientific Meeting 2017 akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal   : Sabtu, 25 Maret 2017

Waktu            : Pukul 08.00-16.30 WIB

Tempat          : Ruang Senat, Gedung KPTU Lantai 2 Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta

Narasumber yang akan hadir dalam Seminar ASM 2017 “Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung Percepatan Pencapaian Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)”, antara lain:

  1. Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D – Dirjen SDM Ristek Dikti
  2. Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M.Kes – Dirut BPJS Kesehatan
  3. dr. Kulsum Komaryani MPPM – PPJK Kemenkes RI
  4. Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc, Ph.D – Fakultas Kedokteran UGM
  5. Drs. Untung Sukaryadi, MM – Kepala Dinas Sosial Prov DIY
  6. dr. Ermon Revlin – Kadinkes Kab. Tanah Datar Sumatera Barat
  7. drg. Nina Endang Rahayu, M.Kes – Kadinkes Kota Samarinda
  8. Dr. drg. Yulita Hendrartini M.Kes, AAK – Pusat KP-MAK FK UGM
  9. Dr. Diah Ayu Puspandari, Apt, M.Kes, MBA – Pusat KP-MAK FK UGM
  10. Cut Sri Rozanna – GIZ Social Protection Programme
  11. Muhammad Syamsu Hidayat, SE, M.Sc, Ph.D – Pusat KP-MAK FK UGM
  12. dr. Rizki Tsalatshita Khair MPH, AAK – Pusat KP-MAK FK UGM
  13. Muttaqien, MPH, AAK – Pusat KP-MAK FK UGM
  14. Vini Aristianti SKM, MPH, AAK – Pusat KP-MAK FK UGM

Berikut Materi Seminar Annual Scientific Meeting (ASM) 2017 :

Sesi 1

Sesi 2

Video 1

Video 2

Materi Seminar ASM 2017 Pokja Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan dapat diunduh pada Link berikut: SESI I & SESI II