Parallel session Sistematik Review dalam acara Annual Scientific Meeting 2021

Ada beberapa jenis review, seperti literatur review, scoping review, namun yang akan dibahas pada sesi paralel training  ini adalah terkait Sistematik Review. Sistematik Review harus memiliki komponen seperti, tujuan untuk menjawab penelitian yang spesifik (PICO), review dengan metode explicit, reproducible dan systematic. Hal ini yang membedakan dengan review yang lain. Analisis pada Sistematik Review bisa bersifat kualitatif dan kuantitatif, analissi kuantitatif pada Sistematik Review sering disebut Meta Analisis. Meta Analisis merupakan bagian dari Sistematik Review dan dalam Sistematik Review tidak selalu ada Meta Analisis. Meta Analisis adalah review yang mengkombinasikan dan menggabungkan hasil dari beberapa studi (minimal 2 studi) yang menghasilkan estimasi common effect, misalnya effectiveness obat. Meta Analisis ini optional dalam Sistematik Review. Meta Analisis bisa beririsan dengan Sistematik Review atau bisa menjadi bagian yang terpisah dari Sistematik Review. Sehingga, Meta Analisis bisa menjadi metode statistik yang bisa digunakan untuk studi yang lain, tidak hanya Sistematik Review.

Cost effectiveness analysis adalah metode untuk membandingkan bagaimana suatu intervensi  (biaya dan kemanjurannya itu kira-kira sepadan atau tidak). Sehingga, CEA memerlukan komponen cost and effectiveness untuk melihat kemanjuran pada suatu studi. Tujuan Meta Analisis dalam kajian CEA adalah untuk mengevaluasi effectiveness, sehingga input parameter yang dimasukkan adalah effectivenessnya atau kemanjuranya. Umumnya, implementasi effectiveness adalah berbentuk OR atau RR. Menggunakan metode Meta Analisis yang menggabungkan hasil dari banyak studi, maka besar sampelnya juga bisa lebih besar, sehingga estimasi effectivenessnya lebih presisi. Studi Sistematik Review dengan Meta Analisis juga bisa dijadikan sebagai opsi studi yang tidak bisa dilakukan pengambilan data primer karena kendala tertentu, sehingga ini menjadi metode yang baik untuk study cost effectiveness analysis.

Ketika ingin melakukan Sistematik Review sangat disarankan untuk menuliskan protokol atau proposal, membuat perencanaan, mengetahui bagaimana melakukannya, dan mengetahui bagaimana mempublikasikannya. Seringnya, publikasi ini memalui registri internasional yang bernama PROSPERO. Langkah melakukan Sistematik Review, pertama defining review question dengan menentukan PICO, tahapan ini sangat  penting karena langkah ini yang akan menentukan banyak aspek untuk metode kedepan, khususnya untuk menentukan eligible kriteria, menentukan strategi pencariannya, pengumpulan datanya dan strategi analisisnya. Kedua, planning eligibility criteria, tahap ini merupakan lanjutan setelah penentuan PICO, yaitu merencanakan kriteria studi lebih lanjut, seperti penentuan desain studi yang akan diambil, bahasa, tahun dan batasan format teks artikel. Ketiga, searching for studies, pada tahap ini perlu dipikirkan mana aspek yang banyak muncul dari PICO. Umumnya, yang paling banyak muncul adalah Population, Intervention dan Study design. Selanjutnya memperhatikan text word, related terms, sinonim, antonim, dan kata jamak pada artikel. Pencarian yang ingin menemukan kata yang ada unsur bentuk kata jamaknya perlu menggunakan asterik atau truncation. Perlu juga memperhatikan penggunaan control vocabulary. Keempat, seleksi studi yang dilakukan minimal oleh 2 orang. Kelima, collecting outcome data, fokus ekstrak data pada outcome yang ingin di ekstrak, misalnya bentuk OR atau RR. Keenam, menilai risiko bias dengan memasukkan studi yang memiliki kualitas baik. Ketujuh, analisis data berdasarkan studi yang memiliki keseragaman desain penelitian dan outcome. Setelah melaksanakan langkah-langkah tersebut, maka Meta Analisis dan Sistematik Review bisa dikatakan layak. Hasil  analisis tersebut bisa diadaptasi dalam CEA..

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.