Kuliah Tamu: Digitalisasi, otomatisasi, dan kecerdasan buatan di sektor asuransi kesehatan Jerman

Pusat KP-MAK FK-KMK UGM bekerjasama dengan Nuffic telah menyelenggarakan “Kuliah Tamu tentang Digitalisasi, otomatisasi, dan kecerdasan buatan di sektor asuransi kesehatan Jerman”.

Oleh Dr. Jens Geissler

Dr. Jens adalah dosen Health and Social Sector Management di FOM University di Hamburg, Jerman. Beliau merupakan pakar asuransi sosial yang berasal dari Jerman, dan sangat berpengalaman di dalam berbagai proyek teknologi informasi untuk asuransi kesehatan.

Pada kuliah tamu yang dilaksanakan pada 20 Februari 2019, Dr. Geissler menyampaikan topik dengan judul Digitalization, Automation, and Artificial Intelligence. Guna memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang berkualitas, sangat diperlukan dukungan sistem teknologi informasi yang baik, terutama di era jaminan kesehatan nasional ini. Salah satu manfaat teknologi informasi dalam dunia asuransi yaitu mempermudah proses administrasi klaim baik dari sisi pemberi pelayanan kesehatan maupun dari sisi insurer. Selain terdapat manfaat, ada pula kelemahan dari teknologi informasi dalam sistem kesehatan ini. Salah satu kelemahan sistem informasi untuk sistem kesehatan terutama rekam medis yaitu penyimpanan data kesehatan yang cukup lama (seumur hidup seseorang).

Lebih lengkapnya kelebihan dan kekurangan teknologi informasi di bidang kesehatan dapat disimak dalam kuliah Dr. Geissler berikut: download materi kuliah tamu Dr. Jens Geissler

 

 

(Putri)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.