Forum Media Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Pada Tanggal 9 November 2016 Pusat KP-MAK FK UGM bekerjasama dengan GIZ dalam dukungan program perlindungan sosial menyelenggarakan kegiatan Forum Media Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Hotel Jambuluwuk, Yogyakarta.

Forum Media JKN ini dihadiri oleh rekan-rekan media wilayah Yogyakarta antara lain Antara, Kedaulatan Rakyat, Wawasan, Suara Merdeka, Bernas, Koran Sindo, Tribun Jogja, Republika, Suara Pembaharuan, Pikiran Rakyat, Radio Edukasi, RRI, Swaragama, Radio Redjo Buntung, Adhitv, Jogja TV, RBTV, Metro TV, RCTI, Humas FK UGM, Humas UGM, Jogjanews.com, Jurnal Jogja, Website Muhammadyah dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Yogyakarta.

Forum Media JKN ini bertujuan untuk capacity Building rekan-rekan wartawan dan media terhadap program JKN, penjelasan mengenai sejarah lahirnya program JKN dan tujuan mulia program Jaminan Kesehatan Nasional.

Penjelasan mengenai program JKN dan hasil monitoring dan evaluasi nya disampaikan oleh Narasumber tingkat nasional antara lain: (1) Bapak Ahmad Ansyori, SH.,M.Hum.,CLA, anggota DJSN (2) Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc.,Ph.D, Ketua Pusat KP-MAK FK UGM (3) Ibu Siti Badriah, Apt.,M.Kes Ketua Jamkesos DIY, dan (4) Ibu Dr. Diah Ayu Puspandari.,Apt.,MM.,M.kes. sebagai moderator dalam diskusi tersebut.

Banyak masyarakat yang telah terbantu dan tertolong dengan adanya program JKN namun karena kecenderung berita yang ditampilkan adalah dari sisi negative seperti kekurangan dan kelemahan program ini sehingga menutup sisi positif dimana program JKN telah banyak membantu masyarakat yang tidak sempat terekspose oleh media. Dengan Forum Media JKN ini diharapkan rekan media dapat bersama-sama menyampaikan berita yang memberikan informasi dan solusi yang dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan seperti mengenai aturan/tatacara prosedur program JKN yang belum banyak diketahui masyarakat dan sosialisasi dari informasi terbaru program JKN. Karena Konsep bad news is a good news di era sekarang ini sudah kurang sesuai. Berita yang informatif dan dapat membantu banyak orang atau masyarakat yang akan sangat bermanfaat dan baik.

 

 

(VA)

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.