Fungsi Sistem Pembiayaan Kesehatan Dalam Sistem Kesehatan

Fungsi Sistem Pembiayaan Kesehatan Dalam Sistem Kesehatan

Source: Carrin G and James C, 2004

Desain Utama dalam Pembiayaan Kesehatan

 

Fungsi pembiayaan kesehatan merupakan sebuah fungsi penting dalam sebuah sistem kesehatan, dalam fungsi pembiayaan kesehatan ada 3 fungsi penting yang berperan yaitu: revenue collectionpooling dan purchasing. Pada artikel kali ini akan dijelaskan teori ideal fungsi pembiayaan kesehatan dari sebuah sistem dengan skema asuransi kesehatan social (social health insurance)

 

  1. Revenue Collection

Revenue collection atau sumber pembiayaan dapat didefinisikan sebagai proses dimana sebuah sistem kesehatan menerima uang baik dari rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan organisasi lainnya, dalam hal ini termasuk donor. Hal ini tidak hanya terkait dengan menjamin ketersediaan sumber daya (dana), namun juga bagaimana target dari aksesibilitas keuangan universal dari pelayanan kesehatan tercapai. Hal ini karena cara pendapatan (revenue) dikumpulkan mempengaruhi aksesibilitas keuangan. Masalah desain utama pada pengumpulan pendapatan adalah cakupan populasi dan metode pembiayaan. (Norman & Weber, 2009)

Berikut Komponen Metode Pembiayaan:

  • Level dan Jenis Pendanaan

Jenis Pendanaan harus menghasilkan sumber dana yang memadai dan berkelanjutan, sehingga sistem pembiayaan dapat beroperasi dengan efektif.

  • Progresivitas dan solidaritas

Pilar Penting dari sistem pembiayaan kesehatan terutama bagi skema social health insurance yaitu pada aspek progresivitas dan solidaritas, aspek ini berkaitan dengan kontribusi berdasarkan kemampuan membayar (Ability to pay) masyarakat/peserta, dan hal ini dapat dicapai dengan sistem pembayaran berdasarkan income/pendapatan, bukan berdasarkan premi flat yang regresif.

  • Risk Protection

Untuk meningkatkan dalam sistem pembiayaan kesehatan, harus memastikan metode pembiayaan yang memiliki perlindungan finansial yang memadai terhadap biaya pelayanan kesehatan.

Tingkat prepayment harus tinggi dan jumlah rumah tangga yang mengalami pengeluaran kesehatan katastrofik harus mendekati nol (0).

  • Cakupan Populasi

Jika suatu Negara telah memilih sistem Social Health Insurance dalam mencapai universal health coverage. Isu permasalahannya terletak pada bagaimana cakupan populasi pada asuransi kesehatan sosial tersebut. Kenaikan persentase cakupan yang lebih besar akan terjadi seiring dengan berjalannya waktu dengan semakin baik kinerja pelayanan dan terciptanya kesetaraan (equity) dalam pelayanan kesehatan.

 

  1. Pooling (sharing the risk)

Pooling atau penyebaran risiko merupakan akumulasi dan manajemen sumber pendanaan untuk membatasi pembayaran oleh individu pada pelayanan kesehatan. Diharapkan dengan adanya mekanisme pooling yang baik dan luas sehingga individu tidak lagi menanggung risiko mereka sendiri.

 

  1. Purchasing

Purchasing merupakan sebuah proses dimana kontribusi yang telah dikumpulkan digunakan untuk membayar penyedia pelayanan kesehatan berdasarkan satu set pelayanan kesehatan yang diberikan. Purchasing bisa secara pasif atau strategik, pembelian pasif hanya mengikuti anggaran yang telah ditentukan atau membayar tagihan ketika tagihan diberikan.  Pembelian strategik lebih menjadi pilihan, karena melibatkan pencarian yang terus menerus untuk mendapatkan metode pembelian dan penyedia pelayanan kesehatan terbaik. Masalah desain utama dalam pembelian adalah pada paket manfaat, organisasi penyedia jasa, mekanisme pembayaran penyedia pelayanan dan efisiensi operasional/administrasi. (Norman & Weber, 2009)

 

Berikut E-Book yang menjelaskan lebih rinci mengenai fungsi sistem pembiayaan pada sistem kesehatan dengan skema social health insurance. Silahkan Klik disini untuk mendownload

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.