Webinar Kesiapan Rumah Sakit dalam Menghadapi Era Kenormalan Baru untuk Pelayanan Penyakit Kronis

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah ditetapkan sebagai penyakit infeksi emerging tertentu yang menimbulkan wabah dan menyebabkan kedaruratan kesehatan masyarakat. WHO telah menetapkan wabah ini sebagai kegawatdaruratan Pubic Health selain itu WHO menyatakan covid-19 ini menjadi pandemiIndonesia menjadi salah satu negara yang terdampak dari wabah ini diantara ratusan negara-negara lain di dunia. Pada awal bulan Maret 2020, Indonesia mengumumkan adanya temuan kasus pertama pandemi ini. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah menetapkan keadaan ini sebahai Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona. Hingga pertengahan bulan Juni 2020, temuan kasus Covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari 38.000 kasus.

Adanya pandemic Covid-19 tersebut, rumah sakit membatasi kunjungan untuk pasien-pasien yang tidak darurat. Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah penularan yang mungkin terjadi di rumah sakit, terlebih bagi kelompok rentan seperti orang-orang dengan penyakit penyerta seperti diabetes mellitus, hipertensi, penyakit jantung, gagal ginjal, dan lain-lain. Sementara pasien-pasien dengan penyakit tersebut juga memerlukan pelayanan kesehatan rutin guna mengontrol penyakitnya.

Beberapa rumah sakit telah berinisiatif menggunakan “Telemedicine” sebagai media konsultasi antara dokter-pasien, dan untuk hal lain yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan. Hal ini merupakan salah satu usaha rumah sakit untuk beradaptasi dengan kondisi kenormalan baru, dan tetap menjaga derajat kesehatan masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan suatu kegiatan seminar webinar yang menyiapkan strategi rumah sakit dan praktisi guna mengakomodir kebutuhan masyarakat terutama kelompok rentan dalam mengakses pelayanan kesehatan di Era Kenormalan Baru ini.

  • Tujuan

Tujuan diadakannya Webinar “Kesiapan Rumah Sakit dalam Menghadapi Era Kenormalan Baru untuk Pelayanan Penyakit Kronis” adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui tata laksana pelayanan untuk manajemen penyakit kronis oleh praktisi bagi pasien agar tetap menjaga kesehatannya di masa pandemi Covid-19.
  2. Mendiskusikan tantangan yang dihadapi rumah sakit dalam persiapan era kenormalan baru, beserta solusi alternatifnya.

 

Materi bisa di download pada link; https://drive.google.com/drive/folders/1jr_LA3UMt31dLrbUCmTx83pVNTemhM_M?usp=sharing

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.